Contoh Telematika pada Bidang E-Commerce



Pengertian Telematika

Telematika adalah singkatan dari telekomunikasi dan informatika, atau dapat diartikan sebagai sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik yang memiliki kemampuan menstransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantara suara, huruf, gambar, dan data atau kombinasi-kombinasinya.

Pengertian E-commerce
E-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapatmelakukan Transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan).

Adapun pendapat mengenai pengertian E-Commerce bahwa E-commerce mengacu pada internet untuk belanja online dan jangkauan lebih sempit. dimana e-commerce adalah subperangkat dari E-Bisnis. cara pembayarannya: melalui transfer uang secara digital seperti melalui account paypal atau kartu credit Sedangkan, E-Bisnis mengacu pada internet tapi jangkauan lebih luas. area bisnisnya terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui e-mail tapi pemasaran atau penjualan di lakukan dengan internet. dengan begitu dapat memberikan keuntungan berupa keamanan fleksibililtas dan efisiensi. cara pembayarannya yaitu dengan melaui pembayaran digital secara E-Gold dan sudah di akui di seluruh dunia dalam melakukan transaksi online.

Salah satu contoh penerapan telematika dalam bidang e-commerce yaitu melakukan transaksi secara online. Berikut contoh lain penerapan telematika pada dunia perdagangan, penggunaan internet sebagai media informasi dan telekomunikasi sekarang kian pesat. Masyarakat tak merasa kesulitan lagi menggunakan internet untuk bertransaksi jual beli. Dengan adanya e-commerce sangat memudahkan konsumen atau penjual untuk melakukan transaksi meski tidak bertatap muka langsung. Hadirnya e-commerce secara tak langsung membawa kita ke peradaban modern.

Pendapat Saya :
Dengan teknologi telematika dibidang e-commerce sangat membantu bagi semua orang yang sedang melakukan transaksi bisnis baik si penjual ataupun si pembeli. Bagi si penjual di untungkan dengan menjual produk hanya melalui sebuah website tanpa perlu menjajakannya kesana-kemari dan bagi si pembeli tanpa perlu repot mencari barang kesan-keamari cukup dengan melihatnya melalui website.

Referensi :


0 komentar:

Posting Komentar