Fakta Mengejutkan Tentang Wudhu




Prof. Leopold Werner Van Ehrenfels (seorang psikiater dan sekaligus neurology) berkebangsaan Austria, menemukan fakta yang sangat mengejutkan mengenai wudhu. Pusat-pusat syaraf paling peka dalam tubuh yaitu dahi, tangan dan kaki merupakan daerah yang sangat sensitif dengan air segar. Dengan melakukan berwudhu, maka kita dapat memelihara kesehatan dan keselarasan pusat syaraf. Bahkan, Prof. Leopold Werner Van Ehrenfels merekomendasikan kepada seluruh umat manusia untuk melakukan wudhu. Jadi, tidak hanya umat islam saja yang melakukan wudhu, namun non muslim juga di anjurkan unutuk berwudhu. Hingga akhirnya, Prof. Ehrenfels kini memeluk agama islam dan berubah nama menjadi Baron Omar Rolf Ehrenfels.
Ulama Fikih berpendapat mengenai hikmah wudhu sebagai bagian dari upaya untuk memelihara kebersihan fisik serta rohani.
Sedangkan Ulama Tasawuf menjelaskan bahwa daerah-daerah yang dibasuh air wudhu merupakan daerah yang paling sering melakukan dosa. Kita tidak tahu apa yang telah kita raba, pegang, dan dilakukan oleh tangan kita? Berapa orang yang jadi korban kita? Berapa kali kita berbohong, memaki, membicarakan aib orang lain? Serta apa saja yang telah dimakan dan diminum oleh mulut ini? Apa saja yang baru di intip mata ini? Apa yang baru didengar telinga ini? Apa saja yang baru di cium hidung ini? Dan kemana saja kaki ini gentayangan setiap hari. Jadi, kesimpulannya adalah semua bagian tubuh yang di basuh oleh air wudhu ialah daerah yang paling riskan untuk melakukan dosa.
Kalangan ulama melarang mengeringkan air wudhu dengan kain karena dalam redaksi hadis itu di katakan bahwa proses pembersihan itu sampai batasan terakhir wudhu itu. Setiap tetesan wudhu pada tubuh kita menandakan jumlah malaikat yang ikut mendoakan ibadah kita (amin).
Yang paling penting dari wudhu ialah kekuatan simboliknya, yakni memberikan rasa percaya diri sebagai orang yang bersih dan sewaktu-waktu dapat menjalankan ketaatan kepada Allah swt seperti mendirikan shalat serta menyentuh dan membaca Al-Qur’an.

Analisa Saya :
Sangatlah penting bagi seorang muslim untuk mengetahui makna atau arti dari wudhu itu sendiri. Kebanyakan seorang muslim hanya tahu wudhu itu adalah meyiramkan air kesebagian anggota tubuh kita. Alangkah baiknya seorang muslim itu selain mengetahui tata cara wudhu dengan benar tapi juga mengetahui makna dari wudhu itu sendiri supaya lebih afdhal di mata Allah swt.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar