Contoh Paragraf Generalisasi, Analogi dan Sebab-Akibat (Kausalitas)


Generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakili.
Contoh  :
Pemerintah membuat program BALSEM (Bantuan Langsung Sementara Masyarakat) kepada rakyatnya. Selain itu pemerintah juga memberikan subsidi dari BBM ke bidang yang lain seperti kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dll. Banyak cara yang telah dilakukan pemerintah untuk mengurangi dampak akibat kenaikan harga BBM.

Analogi adalah penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya. Berdasarkan persamaan kedua hal tersebut, Anda dapat menarik kesimpulan.
Contoh :
Bagi seorang pemancing lokasi pemancingan yang strategis dan kesabaran adalah kunci utama untuk mendapatkan ikan yang banyak. Begitu pula dengan seorang pelamar kerja, kerja keras dan kesabaran adalah kunci utama untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Jadi didalam hidup ini untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kesabaran.

Sebab-akibat (kausalitas) adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.
Contoh :
Mahasiswa gunadarma khususnya kelas 3KA17 hampir semua mahasiswanya rajin dalam soal absensi. Dan dalam soal bertanya ke dosen pun mereka sangat aktif. Selain itu nilai tugas dan kuis pun nilainya sangat memuaskan. Maka tidak heran mahasiswa gunadarma khususnya kelas 3KA17 mendapatkan nilai IPK yang memuaskan.

Referensi :

2 komentar:

  1. Reno Rasiwara mengatakan...:

    kita juga punya nih artikel mengenai 'Kausalitas', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3137/1/PESAT20200520_ekonomi_002.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

  1. Unknown mengatakan...:

    MAU DAPAT BIG HADIAH DARI ZEUSBOLA?
    GAMPANG!

    HANYA DENGAN DAFTAR & MAINKAN LIVE CASINO MANIA DENGAN HADIAH TOTAL 480 JT BOSQUUU

    TERSEDIA DEPOSIT PULSA DAN DEPOSIT REKENING
    DAN ADA NONUS CASHBACK LAINNYA LOHHHHH……

    INFO LEBIH LANJUT SEGERA HUBUNGI KAMI DI

    WHATSAPP : +62 822-7710-4607(ZEUSBOLA)

    #FASTREPON #CSONLINE24JAM #SITUJUDIONLINETERBAIK #NEWMEMBER #IDNLIVE #SPORTS #ZEUSTOTO


Posting Komentar