Data Center yang Baik




Banyak sekarang perusahaan yang mempunyai Data Center sebagai media penyimpanan dokumen penting dan yang sedang dijalankan.

Supaya bisa bertahan lama, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan diantarannya:

1. Sarana yang memadai
Salah satu contohnya adalah sistem pendingin ruangan data center. Masih sering ditemukan ruangan data center yang memiliki suhu yang sangat dingin, seharusnya suhunya cukup yakni 22o celcius dan tidak berlebihan. Selain tidak ramah lingkungan , suhu pendingin yang tinggi menyebabkan keborosan dan tidak efisien.

2. Letak ruangan
Karena memiliki peran yang penting maka ruangan data center harus berada di tempat yang aman. Yakni yang mampu menghindari gempa, anti banjir dan beberapa bencana lainnya yang bisa mengganggu kinerjanya.

3. Persiapan menghindari mati listrik
Mati listrik atau mati lampu juga bisa berkibat fatal bagi data center. Selain karena data yang belum disimpan bisa hilang, proses booting atau penghidupannya juga memakan waktu yang agak lama. Oleh karena itu sebelum mendirikan ruangan ini sudah dipersiapkan management power seperti genset dan bahan bakarnya.

Pendapat Saya :
Saya setuju dengan artikel diatas. Dari ketiga cara diatas yang saya sangat setuju adalah yang kedua, karena suatu media peyimpanan merupakan hal terpenting dari kemanan data supaya terhindar dari berbagai macam ancaman diantaranya ancaman dari bencana alam, kesalahan software dan human error. Maka dari itu letak dari media peyimpanan harus benar-benar diperhatikan.

Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar