15 Fakta Menarik Mengenai Mozilla Firefox




Mozilla Firefox, sebuah software peramban dunia maya yang saat ini paling terkenal di dunia. Pada hari ini, Mozilla Firefox telah berusia 15 tahun, bukan usia yang bisa dibilang sebentar. Selama 15 tahun tersebut, saingan dari Google Chrome telah mempromosikan keterbukaan, inovasi dan peluang di Internet. Dan pada perayaan ulang tahunnya yang ke-15 ini mereka merayakannya dengan 15 fakta yang menjelaskan siapa sebenarnya peramban berlogo rubah api ini, apa yang telah mereka capai dan bagaimana mereka saat ini sedang membangun masa depan yang cerah untuk dunia internet.
  1. Proyek Mozilla Firefox pertama kali diluncurkan pada Netscape pada tanggal 31 Maret 1998, untuk menawarkan pilihan kepada pengguna dan inovasi sebuah peramban dunia maya. Saat itu, Internet Explorer menjadi satu – satunya peramban yang bisa digunakan untuk mengakses internet
  2. Bangga non-profit, Mozilla membuat produk seperti Mozilla Firefox dengan misi untuk tetap menjaga kekuatan internet berada di tangan pengguna. Hal inilah yang membuat Mozilla selalu bangga dengan status mereka sebagai perusahaan non-profit.
  3. Lebih dari 10.000 kontributor telah menyatakan dukungan mereka terhadap kemajuan dari misi Mozilla. Mereka melakukannya dengan membayar iklan satu halaman penuh di The New York Times pada hari dimana Firefox 1.0 diluncurkan pada tahun 2004.
  4. Pada saat ini, Mozilla memiliki kontributor yang tersebar di setiap benua, bahkan termasuk juga benua Antartika di mana Firefox digunakan oleh 80% dari orang disana.
  5. Mozilla Firefox mempunyai fitur Add-Ons yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dan memegang kendali penuh atas fitur dari peramban internet ini. Hingga saat ini, lebih dari 3 miliar add-ons telah di-download oleh pengguna.
  6. Mozilla saat ini memimpin dalam privasi online dengan inovasi browser seperti Do Not Track dan Collusion yang memungkinkan pengguna Mozilla Firefox untuk sebuah kontrol yang lebih besar dari data pribadi mereka.
  7. Mozilla terus berkembang bersama komunitas global. Mereka mengklaim bahwa komunitas global ini telah membantu menerjemahkan Mozilla Firefox ke dalam 89 bahasa, membuat browser tersebut tersedia untuk lebih dari 95% dari populasi dunia.
  8. Pada tahun 2008, setidaknya 8.002.530 orang mendownload Mozilla Firefox dalam satu hari. Hal ini berhasil menciptakan sebuah rekor yang dicatat oleh Guinness World Record untuk kategori "Download Software Aplikasi terbanyak dalam 24 Jam."
  9. Mozilla setiap tahunnya mengadakan Mozilla Festival yang merupakan acara tahunan terbesar organisasi non-profit ini. Dalam festival tersebut mereka mencoba menyatukan ratusan pikiran kreatif untuk mewujudkan inovasi dan potensi dari internet.
  10. Mozilla Webmaker bekerja menciptakan sebuah planet Web untuk lebih bisa membuat nyaman orang ketika menggunakan Firefox. Situs ini nantinya akan menyediakan alat dan proyek-proyek yang dapat membantu orang – orang untuk lebih memegang kendali yang lebih besar dari kegiatan online mereka selama ini.
  11. Saat ini Mozilla membuat Program WebFWD yang membantu para inovator open source dan pengusaha untuk menciptakan produk dan solusi yang memberdayakan pengguna untuk mendorong kemajuan internet di masa depan.
  12. Saat ini, jaringan pengembang Mozilla diklaim sebagai sebuah komunitas berbasis web yang mampu menyediakan sumber daya dokumentasi terbaik, tutorial, dan alat yang tersedia untuk lebih dari 2 juta pengunjung setiap bulannya.
  13. Mozilla hingga saat ini terus bekerja untuk merawat dan melestarikan internet sebagai sebuah sumber daya publik yang dapat digunakan untuk kepentingan semua orang.
  14. Pada tahun 2013 ini, Mozilla akan meluncurkan Firefox OS yang diklaim akan mampu memaksimalkan seluruh sumber daya internet dan akan memberikan kendali penuh kepada pengguna dari sistem operasi tersebut. Sistem operasi ini nantinya akan digunakan untuk smartphone.
  15. Pekerjaan dari Mozilla ini tidak mungkin dibuat tanpa bantuan dari puluhan ribu donor individu dan relawan yang terus percaya bahwa internet seharusnya bisa menjadi sumber daya publik yang menawarkan akses penuh kepada setiap penggunanya.
ke-15 hal ini adalah fakta tersembunyi dibalik bertahannya Mozilla Firefox sebagai salah satu peramban internet yang paling banyak digunakan di dunia ini. Selamat ulang tahun yang ke-15 Firefox!

Pendapat Saya :
Dibalik bertahannya mozila firefox sampai sekarang selain karena kecepatannya dalam mengakses web adalah ketersediaan add-ons untuk mensupport segala macam aplikasi yang jarang dimiliki oleh web browser lain.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar