Gejala-gejala Perangkat Android Terinfeksi Malware


Program jahat atau yang lebih dikenal dengan istilah Malware saat ini semakin banyak ditemukan pada platform Android. Jumlah perangkat Smartphone dan Pc Tablet berbasis sistem operasi Android yang terjangkit malware pada tahun lalu dikabarkan naik cukup tinggi yaitu sekitar 300 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Malware – malware ini masuk secara diam – diam dan langsung mengambil data – data pengguna atau menggunakan kuota internet tanpa izin. Meskipun sudah melakukan pendeteksian malware terhadap perangkat Android namun masih ada saja program jahat yang dapat lolos dengan berbagai cara termasuk dengan mendompleng program lainnya.
Lalu sebenarnya bagaimana cara untuk mengetahui bahwa perangkat Android anda terjangkit atau bebas dari malware ?, seperti dikutp dari Read Write Web, berikut inilah gejala – gejala yang biasanya terjadi jika perangkat anda terjangkit program – program jahat :
1. Daya tahan baterai menurun. Kebanyakan pengguna perangkat Android pasti mengetahui kisaran daya tahan baterai perangkatnya. jika daya tahan baterai tiba – tiba menurun tanpa sebab yang jelas, ada kemungkinan perangkat anda terserang malware. Seperti misalnya adware, salah satu jenis malware yang terus mengirim iklan kepada pengguna sehingga mempengaruhi daya tahan baterai perangkat itu sendiri.
2. Tagihan telepon membengkak. Inilah yang akan terjadi jika perangkat anda diserang oleh malware bertipikal pencuri pulsa. Malware tersebut akan mencuri pulsa anda dengan berbagai cara, seperti mengirim sms ke berbagai nomor dengan tariff premium. Untuk mengelabui sang pengguna biasanya malware ini hanya akan mengirimkan SMS sekali dalam sebulan. Dan ada juga yang secara otomatis menghapus diri sendiri begitu selesai melakukan pencurian pulsa. Jadi ada baiknya secara rutin mengecek tagihan telepon anda, agar anda tahu jika terjadi pengeluaran besar yang mencurigakan.
3. Konsumsi data tiba – tiba naik. Hal yang hampir mirip dengan gejala sebelumnya hanya saja malware ini lebih condong ke paket kuota data internet anda. perubahan pola Upload dan Download yang tiba – tiba terjadi bisa saja merupakan gejala bahwa perangkat anda sedang terinfeksi program jahat. Ada baiknya jika anda menggunakan aplikasi pengukur kuota data, agar anda dapat terus memantau penggunaan kuota data dan agar dapat meminimalisir overkuota atau kelebihan konsumsi data perhari.
4. Performa yang menurun. Penurunan kinerja secara tiba – tiba juga bisa jadi sebagai tanda awal bahwa perangkat anda terinfeksi malware. Cara mengetahui hal ini anda dapat memeriksanya dengan melihat konsumsi RAM atau load prosesor, jika keduanya dirasa tidak wajar anda harus berhati – hati.
Jika perangkat anda telah terinfeksi malware ada beberapa cara yang dapat anda lakukan. Pertama hapus aplikasi yang terjangkit malware tadi, jika malware masih saja ada anda bisa melakukan factory reset yang akan membersihkan memori perangkat Android anda. sangat disarankan untuk lebih teliti dalam mengunduh dan menginstal berbagai aplikasi tidak terkecuali aplikasi – aplikasi yang terdapat pada Google Play Store pun anda tetap harus berhati – hati agar pernagkat Smartphone dan Pc Tablet Android anda tidak akan terjangkit program – program jahat yang tidak bertanggung jawab.
Pendapat Saya :
Menurut saya ciri-ciri atau kondisi perangkat android terkena malware dari ke-4 ciri diatas Yang paling mendasar atau hampir dapat dipastikan terinfeksi malware adalah yang terakhir yaitu yang ke-4 yaitu performa menurun. Pengalaman saya hampir semua rata-rata pengguna android yang terinfeksi malware adalah performa menurun bahkan yang lebih parah adalah bisa mati total.
Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar