Inilah Koneksi Internet Indonesia di Tingkat ASEAN dan Dunia

Sekarang giliran saya bagikan sebuah bukti baru bahwa koneksi Indonesia itu memang super lelet. Jangan mengukur di tingkat Dunia dahulu.
Mari kita coba bandingkan koneksi internet Indonesia dengan negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) sebagaimana saya kutipkan dari kompasTekno (21/4/14).
Dari 10 negara di kawasan Asia Tenggara, koneksi internet Indonesia ternyata hanya lebih cepat dari Filipina dan Laos. itu Artinya koneksi Indonesia terlelet ketiga dari ke 10 negara di ASEAN.
Data tersebut merupakan hasil dari Household Download Index dari Ookla yang terkenal sebagai penyedia layanan Speedtest.net, periode 7 Maret hingga Awal April 2014, Indonesia adalah negara dengan koneksi internet ketiga terpelan di Asia Tenggara dengan kecepatan rata-rata 4,1 Mbps.
Data tersebut kemudian dirangkum dan diolah menjadi infografik oleh ASEAN DNA, sebagaimana bisa dilihat pada gambar di atas. Dari grafik, kecepatan internet Indonesia digambarkan sebagai kuda nil dan Singapura yang terkencang digambarkan seperti cheetah.

Urutan kecepatan koneksi internet di Asia Tenggara (ASEAN) | gambar: kompasTekno

Adapun Household Download Index memperoleh informasi dari hasil uji Ookla Speedtest di semua wilayah dunia selama 30 hari terakhir. Data yang ditampilkan di situs layanan tersebut melambangkan nilai rata-rata bergerak.
Dari sini terlihat bahwa negara-negara lain, misalnya Malaysia, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja, tercatat memiliki kecepatan akses internet yang lebih tinggi daripada Indonesia.
Posisi pertama dipegang oleh Singapura dengan kecepatan 61 Mbps, kemudian Thailand di urutan kedua dengan 17,7 Mbps.
Kecepatan akses internet Indonesia berada di bawah angka rata-rata ASEAN sebesar 12,4 Mbps, sementara rata-rata kecepatan internet global sudah mencapai kisaran 17,5 Mbps.
Di mana posisi kecepatan koneksi internet Indonesia dalam skala global? Dari 190 negara dalam daftar Household Download Index, Indonesia berada di urutan ke-148.

Kesimpulan
Melihat kondisi diatas data diatas, tidak heran kalau kita mengakses internet sangat lambat. Memang sangat mengecewakan negara sebesar ini memiliki internet yang begitu sangat lelet. Jangankan untuk bersaing dengan negara lain di dunia, bersaing dengan tingakat asean saja kita sudah ketinggalan jauh, bahkan oleh negara seperti myanmar dan kamboja. Kita hanya menang dengan negara laos dan filipina.

Referensi :



0 komentar:

Posting Komentar