Tidak Ada Ciptaan Tuhan Yang Sia-Sia





Seperti yang kita ketahui segala yang diciptakan tuhan tidak ada yang sia-sia, sekalipun itu dipandang buruk oleh manusia.

Manusia akan senang jika dianugerahkan yang baik-baik saja kepada dirinya, dan kadang menolak jika diberikan sesuatu yang kurang bagus yang di anugerahkan tuhan kepada dirinya. Tapi tuhan maha tahu atas segala apa yang telah diciptakannya.

Segala sesuatu yang diciptakan tuhan pasti ada hikmahnya atau kebaikannya, sekalipun itu dianggap buruk oleh manusia. Contoh sifat malas, tentunya semua orang menolak atau kurang senang jika ada orang yang memanggil kita dengan si pemalas atau sifat malas itu dianggap oleh sebagian orang sebagai biangnya kita menjadi bodoh, jadi miskin, jadi kurus, dll.

Tapi kalau kita berfikiran positif, sifat malas tidak selamanya bermakna jelek bahkan mempunyai manfaat yang besar bagi umat manusia. Ok, saya jelaskan malas memang secara umum adalah sifat yang jelek karena sifat baiknya tentunya adalah rajin, kembali lagi ke dalil diatas bahwa ciptaan tuhan itu tidak ada yang sia-sia sekalipun itu buruk dipandang manusia. Malas mempunyai sifat baik atau lebih tepatnya memberikan manfaat. Contoh seorang yang sedang menonton tv khususnya tv jaman dulu yang belum memakai remote. Setiap kali dia akan mengganti channel tv dia harus bolak-balik dari tempat duduknya, apalagi kalau jarak dari tv ke tempat duduknya lumayan jauh yang tentunya capek juga. Dan dari situ timbul sifat malas, yaitu malas menggati channel tv karena harus mondar-mandir. Akhirnya dengan seiringnya waktu pikiran manusia tidak pernah berhenti untuk memecahkan masalah yang dia hadapi, tentunya dalam kasus ini bagaimana caranya bisa mengganti channel tv tanpa harus mondar-mandir dari tempat duduk. Akhirnya manusia menciptakan sebuah alat yang bernama remote tv, seperti yang telah kita ketahui bahwa dengan remote ini kita bisa mengganti channel tanpa beranjak dari tempat duduk kita.

Dari penjelasan diatas bahwa remote tercipta karena berawal dari sifat malas. Disini sudah jelas tak selamanya sifat malas itu dianggap sifat yang jelek atau buruk. Terbukti dengan adanya sifat malas bisa menciptakan sebuah alat atau hal lain yang bisa mempermudah pekerjaan manusia atau membuat manusia menjadi nyaman.

Tentunya masih banyak ciptaan tuhan yang lainnya yang dianggap manusia tidak berguna tapi mempunyai manfaat, contoh lain ciptaan tuhan adalah rasa sakit. Tapi disini saya tidak menjelaskannya sekarang. Mungkin di artikel selanjutnya.
Disini saya hanya ingin mengingatkan kembali bahwa tidak ada ciptaan tuhan yang tercipta sia-sia bagi hambanya, jika kita berfikit positif dan mencari tahu apa hikmah dibalik penciptaannya.



0 komentar:

Posting Komentar