Perbedaan XML dan HTML




HTML dan XML merupakan bahasa penandaan (markup languange). Penandaan ini dilakukan dengan memberikan tag, tetapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Tag yang dilakukan pada XML(eXtensible Markup Languange) digunakan untuk menetapkan sifat suatu informasi, sedangkan tag pada HTML(Hypertext Markup Laguange) digunakan untuk penampilan.

Contoh tag pada HTML adalah <bold> untuk mengaktifkan huruf tebal, sedangkan </bold> untuk menonaktifkan huruf tebal. Tag pada XML contohnya adalah tag <message> yang digunakan unuk menyatakan suatu pesan, sedangkan </message> untuk mengakhiri suatu pesan. Jika kita sudah mengenal HTML, maka untuk mempelajari XML akan terasa sangat mudah.

HTML digunakan untuk mengatur tampilan informasi, sedangkan XML untuk menciptakan, berbagai, dan memproses informasi. XML akan memungkinkan kita untuk mendefenisikan tag unuk suatu keperluan tertentu. XML  juga akan merincikan arti dari suatu informasi dan pelaksanaannya. Hal ini dilakukan dengan cara yang terlebih dahulu harus didefenisikan dengan tepat dan secara pasti. XML juga dapat diproses secara otomatis pada berbagai situasi..

Nah itulah beberapa perbedaan antara XML dan HTML. Keduanya memang memiliki tag yang hempir mirip, tetapi jelas tidak sama di dalam kegunaan / fungsi / tujuan pemakaiannya.

Analisa Saya :
Yang saya tahu tentang HTML dab XML adalah sering digunakan dalam pembuatan website dengan menggunakan dreamweaver ataupun yang lainnya. Bagi seseorang yang ingin membuat website maka orang tersebut harus mengerti tentang codingan dalam HTML ataupun XML.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar