KEMANAKAH ARAH LUBANG HITAM / THE BLACKHOLE?




Konsep tentang lubang hitam pertama kali diusulkan oleh Pierre Simon Laplace pada tahun 1795. Menggunakan Newton Theory of Gravity, Laplace menghitung bahwa jika sebuah objek dikompresi ke dalam radius cukup kecil, maka kecepatan melarikan diri dari obyek yang akan lebih cepat dari kecepatan cahaya. Yang berarti bahwa cahaya tidak bias melarikan diri. Sebuah lubang hitam berasal dari sisa sebuah bintang raksasa yang telah mati. Teman2 mungkin telah mengetahui, bahwa bintang merupakan sebuah reactor fusi besar yang menakjubkan. Karena bintang sangat besar dan terbuat dari gas, ada medan gravitasi kuat yang selalu berusaha untuk meruntuhkan bintang tersebut.

Sebagai bintang mati, reaksi fusi nuklir berhenti karena bahan bakar untuk reaksi ini akan terbakar. Pada saat yang sama, gravitasi bintang menarik materi ke dalam dan mengkompres ( memadatkan) inti. Sebagai inti kompres, inti memanas dan akhirnya menciptakan ledakan supernova di mana material dan ledakan radiasi keluar ke angkasa. Yang tersisa adalah bagian inti yang sangat padat, dan sangat besar. gravitasi Inti begitu kuat sehingga bahkan cahaya tidak dapat melarikan diri. Objek ini lah yang kemudian dikenal dengan nama lubang hitam (black hole), padahal belum tentu objek tersebut berwarna hitam. Tapi, karena gravitasi inti begitu kuat, saking kuatnya cahayapun tidak bisa terbebas darinya. (ingat bahwa kita bisa melihat sebuah benda karna ada cahaya yang dipantulkan).

Analisa Saya :
Black hole merupakan salah satu teka-teki terbesar bagi umat manusia khususnya bagi para ilmuan yang belum terjawab sampai sekarang. Apakah fungsi dari black hole itu sendiri? apakah bermanfaat atau berbahaya bagi bumi? itulah salah satu sebagian pertanyaan yang ada dibenak kita dan para ilmuan. Walaupun keberadaanya sangat misterius dan sampai sekarang belum terpecahkan tapi yang saya yakini pasti segala sesuatu yang diciptakan tuhan pasti ada tujuannya dan saya yakin pada suatu saat para ilmuan akan mendapatkan jawabannya dari si misterius black kole tersebut dengan perkembangan teknologi di masa yang akan datang.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar