Penyebab Jatuhnya Blackberry




Pertarungan smartphone emang udah gak karuan. Hampir tiap hari banyak fitur - fitur baru muncul. Yang paling kelimpungan tuh si "Blackberry". Aku bayangkan kalo BB udah gak ada fitur BBM, gak tahu nasibnya lagi. Giman sih kok bisa gini jadinya ?
Waktu aku ikut pertukaran pelajar di Australia, hampir gak ada orang pake BB. Mayoritas smartphone yang dipake tuh kalo gak Iphone ya Samsung. Iphone 4 masih banyak dipake, Iphone 5 juga. Samsung duh aduh, banyak banget. Paling banyak tuh Samsung Galaxy Note 2, Galaxy S3, S4. Xperia Z, sony punya, juga gak begitu banyak. BB gak pernah liat.Trus di Singapura juga gitu, mayoritas pada pake Iphone sama Samsung. Iphone 4 masih banyak dipake, Samsung Galaxy note wah wah, banyak yang suka. Pasar BB di kuartal kedua 2013 cuman 3,7%, Android hampir 80%  menguasai pasar. Lihat aja gambar dibawah ini. Android (OS besutan Google) dan IOS yang menguasai pasar.
Lalu dikatakan Androidlah yang katanya  paling banyak menekan BlackBerry? Ya semua itu kemungkinan disebabkan kondisi pasar di negara sedang berkembang. Di wilayah" tersebut, konsumen yang nggak bisa membeli iPhone beralih ke tawaran ponsel-ponsel Android murah dari produsen semacam Samsung, Xiaomi, dan ZTE. Perangkat Android ini lebih disukai karena mengusung spesifikasi dan pilihan aplikasi yang lebih baik dibandingkan ponsel pintar BlackBerry.
Inisiatif Google menciptakan platform Android yang bisa dipakai oleh produsen apa pun telah mendorong munculnya perangkat-perangkat terjangkau dari berbagai merek. Inilah yang mungkin jadi penyebab utama dari tumbangnya BlackBerry.
Dari situ ketauan kalo Blackberry emang sedang sedih dan sekarang sedang menghadapi kebangkrutannya.
Dalam laporan keuangan kuartal II yang berakhir pada 31 Agustus 2013, BlackBerry melaporkan kerugian bersih sebesar 965 juta dollar AS atau sekitar Rp 10 triliun. Pendapatan BB turun 49% dari kuartal sebelumnya :'(. BB mengatakan perangkat yang terjual cuman 3,7 juta perangkat, itupun yang laku BB yang lama yang pake BB 7 bukan BB yang baru yang pake BB 10. BB 10 nggal laku. BB meramal bakal merugi 995 juta dollar AS. Kerugia ini disebabkan jebloknya penjualan Z10. BlackBerry pun bergerak cepat mengatasi buruknya laporan keuangan ini. BlackBerry berencana memberhentikan 4.500 karyawannya atau 40 persen tenaga kerjanya di seluruh dunia.Yah inilah dunia bisnis, kejaam.
Dulu BB sempat berjaya, tapi sejak ada smartphone dan fitur- fitur mirip BBM seperti "Line", "WA","Kakao Talk" dll yang malah bisa" free call" , "free Video Call", nambah posisi Blackberry makin terpuruk. emang sih,  BB Z10 beneran gak enak banget, lebih berat OSnya. Lelet banget. 
Ternyata  pendirinya BB sendiri juga gak suka BB Z10 cobaa. aneh kaaan, haha. Dan hasil rapat BB di kuartal kedua mengatakan BB Z10 itu sumber kebangkrutan BB. Sekarang BB sedang menjual asetnya berupa bangunan di pusatnya sana Waterloo, Canada.
Nah beberapa hal dianggap penyebab kejatuhan BB :
  • BB 10 yang telat ngrilisnya. Akibatnya orang - orang udah pada punya smartphone lain dan dia baru masuk. jadi yaaa, udah telat deh pokoknya. 
  • BB membosankan, gak punya aplikasi - aplikasi yang lagi "hot" seperti "Path", "Google Map", "instagram". Sebenernya BB sedang ngejar ketinggalan aplikasi ini sih, tapi nggak kekejar, kalah cepet. 
  • BB juga selain rilis Z10, belum laku udah ndesain Q10, Q5 yang pake keyboard QWERTY. Jadi jelaslah, pikirannya bercabang - cabang jadi nggak fokus. Padahal Iphone itu fokus cuman mikirin 1 jenis hardware Iphone5s meskipun ada 5c. Sampe, si pendiri BB mengatakan, harusnya BB nggak usah ikut"an main di touchscreen, seharusnya fokus di smartphone pake keyboard itu. Z10, Q10, Q5 yang diharapkan bisa naikan pamor BB tenyata meleset, malah masih kalah sama penjualan Nokia Lumia yang berbasis window 8. 
  • BB aneh" mau nyaingin IPad di tablet dengan merilis "PLAYBOOK". Playbook ini bener - bener produk gagal, nggak bisa bersaing sama IPAD (rajanya tablet) dan Samsung Galaxu Note, Tab.  Jadi yaaa, gitulah,  BB nggak Fokus. 
  • Banyak perusahaan" perusahaan besar (enterprise) pindah yang tadinya pada pake BB sekarang pindah ke Iphone. Karena BB dianggap membosankan, sedangkan Iphone itu  smartphone yang bisa ngasih "entertainment" yang bagus.    
Nah itulah kisah kasih BB dan Smarphone lainnya. Tapi yang namanya bisnis itu seperti roda , kadang diatas kadang dibawah. Ikuti saja terus ceritanya.

Analisa Saya :
Walaupun saya bukan pengguna BlackBerry ataupun ponsel pintar (smarth phone) tapi saya cukup tahu tentang perkembangan teknologi ponsel yang sangat pesat perkembangannya. menurut saya selain penyebab jatuhnya BlackBerry yang telah disebutkan pada artikel diatas yaitu faktor desain dari BB (BlackBerry) tersebut yang menggunakan tombol yang banyak pada keypadnya yang tidak sesuai dengan perkembangan zaman, dimana produsen ponsel lain sudah mengusung ponsel layar sentuh.
  
Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar