Steve Wozniak, Sang Pionir dan Pencetus Perusahaan Raksasa Apple Computer



Siapakah yang tidak mengenal Apple? Ya, di jaman sekarang ini selain menjadi nama buah-buahan, Apple juga sudah identik dengan sebuah perusahaan penghasil gadget-gadget canggih dan futuristic. iPod, Mac, iPhone, dan iPad merupakan segelintir gadget buatan Apple yang sangan sukses di pasaran. Apple Computer sendiri merupakan perusahaan teknologi asal amerika yang dibentuk oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak beberapa dekade yang lalu.
Mungkin banyak dari kita yang telah familiar dengan nama Steve Jobs dan telah mengetahui kisah lengkap petualangan hidupnya di perusahaan Apple Computer. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan rekan seperjuangannya yaitu Steve Wozniak. Banyak yang belum mengetahui sepak terjang dari co-founder Apple ini. Padahal Steve Wozniak merupakan seorang pelopor utama dalam pembuatan berbagai macam perangkat Apple pada tahun 70 hingga tahun 80an. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika pada artikel kali ini Paseban akan mencoba mengulas secara detail kisah hidup dari mantan orang nomor satu di Apple ini.
Steve Wozniak lahir di San Jose, California pada tanggal 11 Agustus 1950. Ia bersama sahabatnya Steve Jobs berhasil menciptakan sebuah perangkat komputer yang diberi nama Apple I. kedua sahabat ini juga berhasil mendirikan perusahaan yang diberi nama Apple Computer pada tahun 1976, untuk kemudian perusahaan ini menjual personal computer ke pasaran. Wozniak juga berhasil mengembangkan generasi komputer Apple selanjutnya yang diberi nama Apple II yang semakin menjadikan Apple sebagai perusahaan ternama di bidang microcomputing.
Keberhasilan Wozniak dalam merancang berbagai macam komputer Apple bukan tanpa alasan. Pasalnya anak dari Stephen Gary Wozniak ini memang sangat menggandrungi dunia elektronik sejak kecil. Walaupun selama sekolah ia bukanlah murid dengan prestasi yang mentereng, namun Wozniak memiliki kemampuan untuk membuat berbagai macam peralatan elektronik dari dasarnya.
Mendirikan Apple
Steve Wozniak dan Steve Jobs sudah berteman sejak mereka kuliah di University of California. Mereka berdua kemudian mendirikan perusahaan Apple Computer pada tanggal 1 April 1976 setelah Wozniak memutuskan untuk keluar dari perusahaan Hewlett-Packgard.
Pada awalnya mereka hanya bekerja di garasi milik keluarga. Mereka berdua mencoba untuk mebuat sebuah produk komputer alternatif yang mudah untuk digunakan. Wozniak pada saat itu bertanggung jawab atas pembuatan serta erancangan produk sementara Steve Jobs bertanggung jawab terhadap pemasaran produk tersebut.
Hanya beberapa saat setelah pendirian perusahaan Apple Tersebut, Wozniak berhasil merancang sebuah komputer yang diberi nama Apple I. komputer itu benar-benar sebuah produk rumahan karena dirancang di rumah milik Steve Jobs. Dengan pengetahuan mendalam Wozniak di bidang elektronik serta skill handal Jobs dalam dunia marketing, maka dua sahabat ini benar-benar pasangan maut dalam bisnis Apple Computer tersebut.
Beberapa saat kemudian Wozniak juga berhasil menciptakan Apple II yang merupakan seri lanjutan dari komputer sebelumnya. Berkat berbagai kesuksesannya, perusahaan ini sudah memiliki nilai sebesar USD 985 juta di bursa saham pada tahun 1983. Sayangnya, kebersamaan dua sahabat ini akhirnya harus berakhir setelah Wozniak memutuskan untuk keluar dari Apple pada tahun 1987.
Kehidupan Pribadi
Sebelum mendirikan Apple, ternyata Wozniak bersama Jobs pernah membuat sebuah perangkat bernama “blue boxes” yang dapat mem-bypass saluran telepon sehingga mereka dapat melakukan panggilan telepon jarak jauh secara gratis. Perangkat ini kemudian mereka jual ke teman-teman kampusnya. Gara-gara perangkat ini pula Wozniak kemudian harus dikeluarkan dari kampusnya tersebut.
Pada bulan Februari 1981, Wozniak juga juga sempat mengalami cedera ketika ketika pesawat pribadi yang ia piloti mengalami kecelakaan ketika sedang tinggal landas dari Santa Cruz Sky Park. Cedera yang ia alami tersebut membuatnya harus menjalani terapi penyembuhan selama dua tahun karena ia mengalami berbagai macam cedera dan juga amnesia.
Wozniak juga menikahi seorang perempuan yang bernama Janet Hill. Menariknya, Janet Hill sendiri merupakan seorang Apple education development executive. Dan pada tahun 2006, ia menulis sebuah autobiografi yang berjudul iWoz: From Computer Geek to Cult Icon: How I Invented the Personal Computer, Co-Founded Apple, and Had Fun Doing It. [GAN]
Pendapat Saya
Sudah seharusnya kita mengetahui tokoh-tokoh yang berjasa dibidang komputer. Sebelumnya kita sudah mengenal tokoh pendiri apple yang sangat terkenal yaitu steve jobs. Steve Wozniak merupakan teman dari steve jobs. Mengapa kita harus mengetahui biodata dia? Sudah sewajarnya bagi seorang mahsiswa jurusan sistem informasi mengetahui tokoh-tokoh dibalik suksesor PC. Dengan mengetahui tokoh-tokoh tersebut akan menambah wawasan kita tentang teknologi komputer selain mengenal produk ciptaanya kita juga mengenal pembuatnya.

0 komentar:

Posting Komentar