Pengalaman membangun sistem informasi


Dalam tulisan kali ini merupakan tugas dari dosen yang intinya meceritakan pengalaman sendiri membangun suatu sistem informasi. Membangun sistem informasi disini maksudnya membuat suatu software atau aplikasi  yang berhubungan dengan sistem informasi. Jadi dalam hal ini saya akan menceritakan tahapan proses dari awal sampai jadi dan kendala-kendala apa yang yang dihadapi dalam membuat aplikasi tersebut.

Membuat aplikasi mungkin sudah tidak aneh lagi buat saya sebagai seorang mahasiswa jurusan sistem informasi. Hampir setiap dosen mata kuliah yang berhubungan dengan sistem informasi pasti selalu disuruh membuat suatu aplikasi, dari yang sangat sederhana sampai yang membuat otak jadi pusing.

Disini saya akan membahas tentang pengalaman saya membuat aplikasi yang sederhana saja yang kebetulan merupakan tugas mata kuliah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) yaitu membuat aplikasi penjualan tiket bioskop yang berbasis dekstop. Yang tentunya dalam proses pembuatan aplikasi ini tidak selalu berjalan mulus pasti ada saja hambatannya dari mulai tampilan menu aplikasinya, isi kontennya dan yang pastinya yang paling susah adalah codingannya. Berhubung disini dosen tidak mewajibkan harus pakai program apa untuk membuat aplikasi ini, maka saya membuat aplikasi ini pakai program vb 6 yang tentunya paling sederhana/paling mudah dibandingkan dengan program yang lain.

Dalam membuat aplikasi penjualan tiket biokop ini tentunya ada tahapan-tahapannya, diantaranya :

·         Analisis
Tahapan ini merupakan tahapan yang paling awal. Analisis atau perencanaan adalah merencanakan sesuatu apa yang akan kita buat sebelum kita ketahap proses pembuatan.

·         Prototipe
Prototipe bisa dibilang juga adalah sebuah model dari sebuah sistem atau perangkat yang nanti bisa dikembangkan ke depannya. Disini saya membuat prototipe dari media kertas, disini saya bisa mencoba-coba tampilannya kaya gimana, terus isi kontennya apa, dan tentunya yang mudah dipahami oleh semua user. Dengan adanya prototipe ini saya bisa mengganti-ganti tampilan,konten, dll sampai semuanya dirasa sudah sesuai dengan keinginan kita.

·         Tampilan program
Kalau prototipe sudah ok, maka tahap selanjutya yaitu mengaplikasikan prototipe yang kita sudah buat tadi kedalam program vb. Kita buat tampilan sesuai dengan tampilan prototipe tadi dengan menggunakan tools yang ada dalam vb. disinilah enakya vb, kita tinggal klik/pilih tools yang kita inginkan lalu kita pindahkan kedalam form.

·         Mebuat coding
Ini merupakan tahap yang paling sulit, karena jalan tidaknya program tergantung dari tahapan ini. Untungnya program vb 6 tidak terlalu sulit dan sedikit-banyaknya saya pahami dengan sedikit bug/error. Paling dalam tahapan ini, coding yang agak rumit adalah soal perhitungan. Aplikasi penjualan tiket bioskop ini kan termasuk transaksi penjualan otomatis ada perhitungannya. 

·         Database
Ini merupakan tahapan yang lumayan sulit juga dimana kita harus menyimpan data-data dari aplikasi kita kedalam database. Disini saya menggunakan database microsoft acces 2010. Kenapa saya bilang lumayan susah karena setiap data yang kita simpan harus ada hubungannya atau relasi dari data yang lain. Misal disini data aplikasi penjualan tiket bioskop terdiri dari judul film, jadwal tayang, daftar harga, no kursi, dll maka dari data judul film harus ada hubungannya dengan jadwal tayang karena tidak semua film tayang dalam waktu bersamaan.

Mungkin diatas tadi merupakan sebagian tahapan-tahapan sekaligus kendala dalam pembuatan aplikasi penjualan tiket bioskop yang pernah saya buat. Dan merupakan pengalaman  dan sekaligus pendapat saya. Jika ada kesalahan dalam segi penulisan maupun pendapat saya tentang pembuatan aplikasi tersebut mohon di maklumi, karena saya juga dalam proses belajar. Sekian terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar