Kelompok Dalam Organisasi

Definisi Kelompok

Kelompok adalah agregat sosial dimana anggota-anggotanya yang saling tergantung, dan setidak-tidaknya memiliki potensi untuk melakukan interaksi satu sama lain.Kelompok adalah suatu kolektif yang terdiri atas berbagai organisme dimana eksistensi semua anggota sangat penting untuk memuaskan berbagai kebutuhan individu. Artinya, kelompok merupakan suatu alat untuk mendapatkan berbagai kebutuhan individu. Individu menjadi milik kelompok karena mereka mendapatkan berbagai kepuasan ssebaik mungkin melalui organisasi yang tidak dengan mudah mereka dapatkan melalui cara lainnya (Cartwright & Zander, 1971: 20).
Sedangkan menurut Wekley dan Yulk (1977) mengemukakan bahwa kelompok merupakan suatu kumpulan orang yang berinteraksi satu sama lain secara teratur dalam suatu periode tertentu, dan merasakan adanya ketergantungan diantara mereka dalam rangka mencapai satu atau lebih tujuan bersama.
Dari tiga pengertian di atas, maka dapat saya simpulkan bahwa pengertian kelompok tidak terlepas dari unsur-unsur berupa keberadaan dua orang atau lebih yang melakukan interaksi dan saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Namun ini tidak berlaku bagi sekumpulan individu yang tidak memenuhi unsur-unsur di atas, maka belumlah dikatakan sebagai kelompok misalnya penonton sepakbola yang menjadi sekumpulan individu namu mereka tidak saling mengenal dan tidak melakukan interaksi.
Dalam berhubungan antar manusia, manusia memiliki suatu hasrat yaitu hasrat untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekelilingnya (masyarakat) dan juga dengan lingkungan di sekitarnya, maka untuk menghadapi dan menyesuaikan diri dengan kedua lingkungan tersebut manusia membutuhkan suatu pikiran, perasaan dan kehindak. Jadi pada dasarnya pengertian dari kelompok itu adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaanya dan saling berinteraksi. Maka dari semua itu menimbulkan kelompok-kelompok sosial/social group, sehingga untuk terbentuknya suatu kelompok tersebut diperlukannya beberapa persyaratan, yaitu:
  • ·         Adanya kesadaran sebagai dari suatu kelompok
  • ·         Memiliki suatu struktur ,kaidah serta pola perilaku yang sama
  • ·         Mempunyai norma-norma yang mengatur hubungan di antara anggotanya
  • ·         Mempunyai kepentingan bersama
  • ·         Adanya interaksi dan komunikasi diantara anggotanya
  • ·         (Teori Paul B Horton dan Chester L Hunt buku sosiologi jilid 1 edisi ke 6)

Jenis dan fungsi Kelompok

Jenis-jenis Kelompok
Kelompok dapat dibedakan berdasarkan klasifikasinya. Sejalan dengan penelitian yang dilakukan dalam lingkungan organisasi atau perusahaan, maka ada jenis kelompok formal dan kelompok non-formal.
Kelompok formal adalah sub unit sah dari organisasi yang telah ditetapkan oleh anggaran dasar atau suatu ketetapan management. Jadi kelompok ini sengaja dibentuk untuk memenuhi tugas yang nyata guna mendukung tugas organisasi.
Kelompok non-formal adalah kelompok yang muncul sebagai upaya pemenuhan kebutuhan individu dengan mengembangkan tata hubungan dengan anggota lain dalam organisasi. Kelompok informal hanya dapat terbentuk apabila lokasi fisik anggota-anggotanya, sifat pekerjaan, dan jadwal kerja memungkinkan untuk terbentuknya kelompok. Oleh karena itu kelompok informal muncul dari kombinasi antara faktor-faktor formal dan kebutuhan manusia sebagai anggotanya.

Pengalaman pribadi dalam suatu kelompok
Salah satu sekian banyak dari pengalaman saya dalam suatu kelompok atau organisasi yang saya akan bahas adalah pengalaman saya tentang menjadi panitia 17 agustusan yang diadakan pada 2 tahun yang lalu.Panitia yang jumlahnya kurang lebih 10 orang yang kebanyakan adalah pemuda-pemuda yang kurang kerjaan alias pada nganggur. “ya,dari pada gak ada kerjaan apa salahnya ikutan jadi panitia agustusan itung-itung nambah pengalaman,,hehe” cetus dalam hati saya. Acara yang diadakan tiap tahun ini diselenggarakan untuk merayakan hari kemerdekaan negeri tercinta ini,biasanya sih selalu ada upacara bendera tapi saya gak pernah ikut sih,,hehe. Dalam acara ini biasanya diisi dengan berbagai perlombaan yang khas yang sering kita lihat di kampung-kampung seperti balap karung,makan kerupuk,joged jeruk,turnamen sepak bola,bulu tangkis dan yang tak kalah ketinggalan dan sekaligus menjadi maskot dalam setiap agustusan tidak lain dan tidak bukan adalah panjat pinang. Dari sekian banyak perlombaan yang paling lama kelarnya adalah turnamen sepak bola dan sekaligus perlombaan yang paling banyak mengundang penonton dan paling rame.

Hambatan,Solusi dan Pemecahannya
Hambatan dalam agustusan ini mungkin sudah umum dengan acara-acara lain yaitu soal dana. Tapi berhubung disini adalah acara yang hanya ruang lingkupnya cuman antar RT doang, ya jadi kendala dana tidak terlalu menjadi kendala yang besar. Tidak semacam acara ruang lingkupnya sudah antar kecamatan ataupun kabupaten yang mungkin memerlukan biaya besar atau perlu mengundang sponsor. Namun agustusan yang ada dikampung saya tidak memerlukan biaya yang besar.Berhubung agustusan yang ada dikampung saya hanya antar RT dan tidak memerlukan biaya yang sangat besar. Solusinya hanya dengan meminta sumbangan dari para warga, dan jika kalau ada kekurangan biasanya dari panitia sendiri inisiatif mengeluarkan kocek masing-masing kalau perlu meminta dari orang-orang kaya yang ada dikampung saya,,hehe.Dan akhirnya acara agustusan di kampung saya berjalan dengan lancar dan sangat mengesankan bagi saya,karena itu merupakan pengalaman baru bagi saya menjadi panitia agustusan walaupun Cuma hanya antar RT doang,,hehe.

Referensi :
http://ichwanmuis.com/?p=1001 (tgl 03/06/2012, pkl 13:44 WIB)


1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    bosan kalah terus?

    silahkan coba daftar di Zeusbola!
    hanya dengan modal 50 ribu sudah bisa menjadi jutawan lohh bosquu


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    #zeusbolaterpercaya#SitusDepositViaPulsa #depositviapulsa #agenSitusDepopulsa #agendepopulsa #agendepopakaiovo #depositviaovo #bonusfreechip #bonusfreebet

Posting Komentar