Sejarah Sepak Bola Indonesia

I.Latar Belakang

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia.Adalah suatu hal yang wajar jika kejuaraan sepakbola yang melibatkan seluruhnegara di dunia memakai nama World Cup atau Piala Dunia tanpa harus menyebut jenisolahraganya. Sepakbola termasuk olahraga tontonan yang erat kaitannya dengan olahraga populer yang melibatkan sekumpulan orang dalam jumlah besar.Sejarah sepak bola indonesia diantaranya ditandai dengan berdirinya suatu organisasi sepak bola yang bernama PSSI.PSSI (Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia ) yang dibentuk 19 April 1930 di Yogyakarta. Sebagai organisasi olahraga yang dilahirkan di Zaman penjajahan Belanda, Kelahiran PSSI betapapun terkait dengan kegiatan politik menentang penjajahan. Jika meneliti dan menganalisa saat- saat sebelum, selama dan sesudah kelahirannya, sampai 5 tahun pasca Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, jelas sekali bahwa PSSI lahir, karena dibidani politisi bangsa yang baik secara langsung maupun tidak, menentang penjajahan dengan strategi menyemai benih – benih nasionalisme di dada pemuda-pemuda Indonesia.
Tahun 1938 bangsa indonesia mengukir sejarah yaitu mengikuti piala dunia 1938. bukan Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, atau negara-negara besar lain di Asia yang pertama ikut Piala Dunia, tetapi Indonesia (yang pada tahun itu masih bernama Hindia Belanda). Walaupun langsung kandas di babak pertama, tapi pencapaian tersebut patut kita apresiasi dan dijadikan pemicu semangat untuk kembali tampil di piala dunia pada tahun-tahun mendatang. Yang mengejutkan bangsa indonesia masih menggunakan nama Hindia Belanda yaitu memaksa Uni Soviet raksasa sepak bola waktu itu ditahan IMBANG dengan skor 0-0 di moskow.
Namun dari tahun ke tahun bahkan sudah lama sekali masyarakat indonesia tidak lagi menyaksikan kejayaan-kejayaan timnas sepak bola kita di tingkat tertinggi bahkan semakin minim prestasi,semua sudah terlihat dari berbagai kompetisi internasional,hasilnya pun sangat mengecewakan.Di tingkat asia tenggara sendiri pun tim nas kita masih harus bersusah payah bersaing dengan negara-negara yang bisa di katakan baru memulai sepak bolanya,padahal persepak bolaan kita Indonesia lebih tua dari negara-negara yang baru memulai sepak bolanya.Lalu kenapa justru timnas kita semakin tertinggal,walaupun kini timnas kita minim prestasi saya sebagai masyarakat Indonesia dan cinta terhadap sepak bola Indonesia ,akan tetap selalu mendukung timnas merah putih apapun keadaannya.Melihat keadaan saat ini, selam 18 tahun terakhir Indonesia paceklik gelar. Sebagai negara besar dan jumlah penduduk yang besar raihan prestasi dalam bidang sepakbola sangatlah menyedihkan. Walau dikenal sebagai negara yang  pertama kali di Asia yang ikut dalam Piala Dunia tapi saat ini prestasinya tidak berubah.

II.Permasalahan

Dari pokok pembahasan diatas jelas inti permaslahannya adalah prestasi timnas indonesia yang semakin kesini semakain menunjukan prestasi yang kurang membagakan dan tidak seindah sejarahnya.Tetapi jika terus-menerus seperti ini keadaan timnas kita yang selalu terpuruk,saya hanya ingin menyampaikan beberapa pendapat yang mungkin adalah factor-factor menurunnya sepak bola kita,menurut saya banyak beberapa yang harus di benahi atau di ubah diantaranya:
1.Kisruh PSSI :
PSSI adalah induk organisai teritnggi sepak bola di negeri ini.Segala macam bentuk kegiatan mengenai sepak bola di atur oleh organisasi ini. Tapi kenyataanya organisasi ini hanya sibuk memikirkan merebutkan kursi kepemimpinan yang baru.
2.Kompetisi sejak dini :
kita harusya lebih memperhatikan pengganti penerus-penerus timnas kita yang akan datang misalnya dengan mengadakan kompetisi-kompetisi dari tingkat dasar atau sekolah untuk mencari bibit –bibit baru sepak bola timnas kita.Namun yang saya lihat kurang maksimal,ada jenjang kompetisi yang terputus.
3.Sarana dan prasarana olahraga:
Timnas sepak bola Kita sendiri masih memerlukan fasilitas fasilitas yang layak seperti alat alat olahraga yang berlabel internasional dan fasilitas tempat latihan. Dan masih banyak lagi ,tetapi dari ke tiga factor itulah yang paling penting menurut saya.Dari berbagai penjelasan di atas saya hanya ingin timas sepak bola kita tidak terus meneru terpuruk,inilah saatnya untuk bangkit kembali dari keterpurukan,saya yakin semua masyarakat Indonesia juga rindu akan kejayaan tim nas sepak bola kita yang dulu sempat menjadi macannya asia.

III.Landasan Teori

Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Organisasi masalah perilaku tentang manajemen budaya komunikasi struktur pengembangan teori prilaku kepemimpinan tentang. Contoh hukum pendidikan indonesia manajemen masalah sosial ekonomi islam sistem perilaku budaya laporan? Penelitian komputer lingkungan manajemen perusahaan komunikasi agama ilmu informasi kesehatan politik sosial.
Organisasi pada intinya adalah interaksi-interaksi orang dalam sebuah wadah untuk melakukan sebuah tujuan yang sama.
Pengertian organisasi:
1.         Organisasi adalah wadah atau tempat.
2.      Organisasi adalah sebuah proses yang dilakukan bersama-sama, dengan landasan yang sama, tujuan yang sama, dan juga dengan cara-cara yang sama.
Banyak bentuk organisasi di masyarakat, misalnya negara, partai politik, perkumpulan masyarakat, bahkan bentuk organisasi yang paling kecil yaitu keluarga dan lain sebagainya. Kata organisasi mempunyai dua pengertian umum, yaitu sebagai suatu lembaga atau fungsional, seperti perguruan tinggi, rumah sakit, perwakilan pemerintah, perwakilan dagang, perkumpulan olah raga dan lain sebagainya, lainnya sebagai proses pengorganisasian pengalokasian dan penugasan para anggotanya untuk mencapai tujuan yang efektif.

Pengertian Organisasi
Seperti telah diuraikan sebelumnya tentang Manajemen, Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.

Pengertian Struktur organisasi
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan. Teori organisasi adalah studi tentang bagaimana organisasi menjalankan fungsinya dan bagaimana mereka mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang-orang yang bekerja di dalamnya ataupun masyarakat di lingkup kerja mereka. Teori organisasi adalah suatu konsefsi, pandangan, tinjauan, ajaran, pendapat atau pendekatan tentang pemecahan masalah organisasi agar lebih berhasil dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Masalah adalah segala sesuatu yang segala sesuatu yang ada hubungannya dengan kepentingan organisasi yang memerlukan pemecahan dan pengambilan keputusan. Ada banyak masalah yang dihadapi organisasi (kompleks) dan memerlukan pemecahan tersendiri sehingga muncul berbagai kajian untuk lebih memahami efektivitas organisasi Teori organisasi Muncul pada abad 19 dilatarbelakangi oleh Revolusi Inggris dan lahirnya perusahaan raksasa di Amerika Serikat.
Dengan landasan teori ini saya akan menerapkan ke pokok pembahasan diatas,mengenai beberapa masalah yang menyebabkan kondisi sepak bola indonesia yang kian hari kina menurun. Dengan menggunakan teori diatas kita dengan mudah menyusun kerangka pokok apa saja yang menyebabkan persepakbolaan indonesia yang semakin menurun.Dari mulai organisasi PSSI-nya,pembinaan usia muda,kondisi lapangan sepak bola smapai urusan suporter kita akan bahas.Jadi kita bisa mengambil kesimpulan apa saja yang menyebabkan kondisi persepakbolaan indinesia semakin kesini semakin menurun.Dengan mengetahui apa saja faktor-faktor yang menyebabkan sepak bola kita turun kita bisa mengintrofeksi diri untuk memperbaiki itu semua.Bukan hanya tanggung jawab PSSI saja ataupun pemerintah tapi kita semua warga indonesia yang mencintai sepak bola dalam negeri.Kalu bukan kita siapa lagi..??

IV.Pembahasan Masalah

Kisruh PSSI
               Memberitakan PSSI seperti tidak ada habis-habisnya. Namun sungguh sangat disayangkan apa yang diberitakan hanyalah mengenai kekisruhan, hujatan satu sama lain diantara sekelompok orang  yang mengaku cinta terhadap persepakbolaan Indonesia. Sungguh ironi, PSSI idealnya adalah sebagai salah satu instrumen atau organisasi otonom yang bisa mempersatukan bangsa dengan sepak bola, namun nyatanya kekisruhan demi kekisruhan seperti tak berkesudahan. Pasca kisruhnya kongres PSSI di pekanbaru bulan maret lalu yang berujung pembekuan kepengurusan PSSI dibawah kepemimpinan Nurdin Halid Cs,  kembali dilakukan  Kongres PSSI  dibawah kepeminpinan Agum Gumelar sebagai Ketua Komite Normalisasi (KN) yang dibentuk FIFA  juga tidak menghasilkan keputusan apa-apa ‘dead lock’. Kita semua menyaksikan bagaimana jalannya kongres begitu sangat menorehkan keprihatinan dan kekecewaan, kelompok yang mengatasnamakan k-78 bersikukuh mengusung jagoannya untuk ikut dalam bursa pemilihan ketua umum PSSI walaupun sudah ditolak FIFA.Kongres yang menelan biaya milyaran rupiah itu, sedianya menghasilkan kepengurusan PSSI yang kredibel, profesional, bersih dan mampu membawa prestasi sepak bola Indonesia di pentas dunia kini terpuruk bahkan terancam sanksi FIFA.
Kekisruhan demi kekisruhan  tersebut tentunya menorehkan luka yang dalam bagi seluruh pecinta sepak bola. Namun tentu tidaklah elok jika kita terus terjebak dalam suasana kekisruhan, saling hujat dan saling menyalahkan satu sama lain. Kejadian ini bisa dijadikan momentum bagi PSSI  untuk maju kedepan. Kita harus yakin bahwa setiap hati nurani pelaku, pecinta sepak bola menginginkan sepakbola indonesia maju. Untuk itu dibutuhkan dialog satu sama lain, duduk bersama mengambil jalan tengah dengan semangat persatuan dan kesatuan. Dialog ini tentunya perlu mediator, dan untuk saat ini yang paling  tepat adalah pemerintah. Pemerintah harus berperan aktif merangkul kubu-kubu yang bersebrangan dengan keputusan FIFA. Pemerintah yakin bisa, membekukan PSSI era nurdin saja bisa, apalagi megajak dialog K-78.
Ada atau tidak adanya pun sanksi dari FIFA permasalahan ini tetap harus diselesaikan. Kita butuh organisasi PSSI yang kredibel dibawah ketua umum yang dipilih secara legitimite dan diakui oleh seluruh pemilik suara dalam kongres. Untuk itu, masing-masing pemilik suara juga disarankan melakukan konsolidasi/ishlah, mencari jalan terbaik demi memajukan persepakbolaan tanah air.Jika kisruh selalu mendera tubuh PSSI, bisa jadi FIFA memberikan sanksi kepada induk organisasi sepak bola nasional tersebut. Risiko terberat adalah Merah Putih dilarang tampil di ajang internasional. Tak hanya bagi tim nasional, klub dari yang senior hingga anak-anak bakal terkena dampaknya. Buntutnya, persepakbolaan Indonesia semakin terpuruk. Dan, episode kisruh di tubuh PSSI terus bergulir.
Mari Kita Menanti PSSI yang bersih, kredibel, profesional dan mampu memajukan persepakbolaan nasional dipentas dunia. Harapan Itu tentu masih ada.

Kompetisi Usia Muda
Jika melihat hari-hari sebelum kongres, kejadian kemarin sebenarnya sama sekali tidak mengejutkan. sudah terlihat jelas bahwa kongres tidak akan menghasilkan apa-apa dan setiap kelompok masih akan memegang kepentingannya masing-masing. reformasi PSSI sepertinya masih hanya masih menjadi impian para pecinta sepakbola Indonesia. Namun menurut saya, keinginan dari masyarakat Indonesia bukanlah reformasi PSSI. Masyarakat Indonesia bukan masyarakat yang suka berfikir panjang. Sama halnya dengan hasil survey yang ada bahwa era Soeharto lebih disukai ketimbang era SBY saat ini. Hal itu karena pada era Soeharto masyarakat lebih mudah mencari makan. tidak peduli kalau dibalik kemudahan itu Soeharto sedang menumpuk kekayaan dari uang yang seharusnya menjadi milik rakyat. Namun rakyat Indonesia tidak terlalu ambil pusing karena bagi mereka yang penting bisa makan.
Sama halnya dengan sepakbola. Tidak banyak rakyat Indonesia yang mempermasalahkan adanya korup dan permainan politik di tubuh PSSI. Tapi ratusan juta rakyat Indonesia meminta prestasi dari tim nasional Indonesia. Ya, hanya itu, prestasi. Mungkin memang salah satu penyebab minimnya prestasi timnas Indonesia memang karena adanya korupsi serta permasalahan-permasalahan lainnya di PSSI. Namun bukan itulah penyebab utamanya. Indonesia tidak punya prestasi karena Indonesia tidak bisa menghasilkan pemain-pemain berbakat yang mempunyai mental bertanding yang baik. Indonesia tidak bisa menciptakan pemain berkualitas karena Indonesia tidak punya pembinaan usia muda yang baik. Indonesia tidak punya kompetisi muda berjenjang dari umum 10, 13, 15, dan 17. Inilah yang dibutuhkan sepakbola Indonesia saat ini. Bukan ketua PSSI yang baru yang berasal dari partai berbeda dengan ketua sebelumnya.
Jika saya ditanya tentang kejadian kongres kemarin dan kisruh PSSI yang terjadi. Saya akan menjawab "persetan". Saya tidak tertarik dengan politik, jadi untuk apa saya mengurusi masalah politik. Yang saya sukai itu sepakbola, sedangkan PSSI (saat ini) adalah organisasi politik. Saya tidak tertarik untuk memikirkan PSSI. Lebih baik sekarang pikirkan bagaimana caranya membangun pembinaan usia muda Indonesia. Bagaimana agar kita bisa meneruskan perjuangan Ronny dalam membangun pembinaan usia muda. Bodo amat orang-orang politik berantem untuk memperebutkan kursi ketua umum PSSI. Setidaknya untuk saat ini, biarlah PSSI dipegang sama orang-orang ga brengsek itu. Yang penting sekarang kita buat timnas Indonesia bisa berbicara banyak di dunia meski tanpa bantuan dan campur tangan PSSI. Dulu saya sempat berkeinginan untuk bisa menjadi anggota PSSI dan kemudian bisa menjadi ketua umumnya. Ya, itu salah satu cita-cita saya karena saya pikir dengan begitu saya bisa menghabiskan hidup saya untuk sepakbola Indonesia. Namun sekarang, saya akan menuruti nasihat dari legenda sepakbola Indonesia, Ronny pattinasarany, bahwa lebih baik tidak perlu masuk ke PSSI. Banyak jalan lain jika ingin menghabiskan hidup untuk sepakbola Indonesia. Saya akan menggunakan jalan saya sendiri untuk membangun sepakbola Indonesia. Ya, mungkin sedikit saran saya untuk orang-orang yang sedang ribut tentang PSSI atau juga untuk para anggota DPR jika ada yang iseng baca blog saya. Jika anda belom sanggup memikirkan dampak dari perbuatan anda bagi sepakbola atau pun negara Indonesia. Setidaknya, pikirkan dampak yang harus ditanggung anak anda.

Sarana Dan Prasarana Sepakbola
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa salah satu yang  membuat sepak bola suatu negara bisa maju adalah ditunjang dengan kondisi stadion yang baik pula.Namun sayangnya kondisi hampir semua kondisi stadion di indonesia belum memuaskan.Hanya beberapa saja yan mungkin layak digunakan untuk pertandingan internasional,seperti stadion gelora bung karno,stadion persisam,stadion sriwijaya palembang dan segelintir stadion lainnya,sisanya sungguh mengecewakan.
Ini adalah menjadi PR buat ketua PSSI yang baru untuk membenahi semua kekurangan ini.tapi melihat kondisi PSSI yang sekarang kecil kemungkinan menaruh semua harapan ke organisai tersebut.Ini kayaknya menjadi tnaggung jawab kita semua sebagai warga negara yang mencintai sepak bola negeri.Mudah-mudahan dimasa yang akan datang negeri ini akan menjadi kekuatan sepak bola yang di takuti seantero jagad...amin.
Kondisi beberapa stadion di tanah air memang kurang memuaskan,mungkin karena terbentur dengan biaya yang dikeluarkan oleh masing-masing daerah yang tidak bisa mencukupi untuk membangun sebuah stadion yang layak,ataupun terbentur dengan masalah izin lahan.Miris memang mendengar semua itu,tapi kita harus optimis dengan keadaan stadion sekarang.Mudah-mudahan dengan kondisi antusias masyarakat kita yang begitu besar,mendorong pemerintah untuk menyalurkan dana ke daerah-daerah buat memlihara ataupun membangun stadion yang baru.Itu semua demi kelangsungan sepak bola kita yang insya allah berjaya dimasa yang akan datang..amin.
Selain beberapa faktor yang menyebabkan kondisi sepak bola indonesia semakin menurun,namun ada secercah harapan bagi persepakbolaan kita yaitu dengan adanya pemain ke-12 yaitu suporter.Ya,,gak di pungkiri lagi suporter kita harus di jadikan kebanggan buat sepak bola kita.Suporter merupakan elemen penting dalam sepakbola. Pernahkah kalian melihat suatu pertandingan sepakbola tanpa suporter...? Saya yakin kalian pernah melihatnya. Apakah kalian merasakan ada yang kurang dari pertandingan tersebut...?Pertandingan sepakbola tanpa suporter bisa diibaratkan sayur tanpa garam. Suporter bisa menjadi pemain ke-12 bagi tim yang bertanding. Suporter bisa memberikan kekuatan tersendiri dari sebuah tim dalam sepakbola.Di Indonesia banyak kita temukan kelompok suporter yang mendukung klub kesayangan mereka. Dan saya pikir hampir semua klub sepakbola profesional di Indonesia mempunyai suporter. Para suporter ini menggunakan berbagai atribut dan kostum kebanggaan mereka di setiap klub yang mereka dukung sedang bertanding. Mulai dari topi, slayer, kaos, bendera, dan atribut lainnya selalu melekat pada diri mereka. Bahkan ada juga beberapa suporter yang rela untuk mengecat muka mereka sampai seluruh badan mereka demi mendukung tim kesayangannya.Fenomena suporter di Indonesia semakin menarik karena setiap suporter memberikan nama kelompok suporter dengan nama-nama yang unik.
Suporter indonesia luar biasa banyaknya,dari mulai anak keci sampai yang sudah ujur semuanya antusias menonton sepak bola kita.Mereka datang ke stadion demi mendukung tim kesayangan mereka walupun mereka tidak punya uang dan akhirya membobol pintu masuk stadion.suporter sepak bola indonesia termasuk suporter yang paling banyak di dunia walaupun sepak bolanya tidak begitu maju.Tapi gak apalah yang penting masih ada yang di banggakan dari sepak bola dalam negeri.yang paling saya kagumi adalah dikala timnas senior kita berlaga tak henti-hentinya dukungan dari suporter terus mengalir.Mereka rela mengantri berjam-jam,kepanasan,kehujanan demi mendapatkan karcis agar bisa masuk ke dalam stadion.

V.Penutup

V.I Kesimpulan
Dari pokok pembahasan diatas kita bisa menarik kesimpulan apa saja yang bisa kita ambil untuk mengoreksi persepakbolaan kita yang semakin turun.Diatas sudah dijelaskan bahwa salah satunya adalah badan atau organisasi sepak bola kita yang kisruh.dari jamannya era Nurdin Halid sampai yang sekarang era Johar arifin yang sampai sekarang gak jelas dengan format pertandingan yang akan diterapkan.Menurut saya era kepemimpinan pak Johar gak tegas(plin-plan).Membuat beberapa klub urung mengikuti pertandingan yang di usung oleh PSSI di bawah kepemimpinan pak Johar.
Berita-berita yang terjadi sekarang berhubungan dengna kisruh PSSI adalah pecahnya beberapa klub yang mendirikan format pertandingan sendiri,dan sebagian ada yang begabung dengan PSSI.Beberapa klub yang menolak karena format pertandingan yang diikuti sebanyak 24 klub ISL dan sebagian dari klub LPI,pertandingan yang cukup melelahkan,,bukan??Memang ada benarnya juga klub-klub yang menentang PSSI,mana ada jumlah klub di suatu liga jumlahnya 24 klub(banyak banged) yang cukup melelahkan.Di inggris saja yang sepak bolanya jauh diatas kita,itu jumlah klubnya dalam liga hanyalah 18 klub.Harusnya kan yang kurang bagus mengikuti yang sudah bagus,,iya kan??
Melihat kondisi seperti itu jangankan klub-klub,kita saja yang hanya menonton ikut menjadi bingung dengan sepak bola kita.Dulu saya menaruh harapan setelah bergulirnya kepemimpinan Nurdin Halid di bawah kepemimpinan sekarang akan membawa sepak bola indonesia akan semakin maju,nyatanya hanya mimpi belaka.Kapan sepak bola kita akan maju..??Kayaknya kita harus menunda dulu entah sampai kapan itu akan terwujud.

V.II. Saran
Saya yang hanya bisa ngomong doang(mendingan dari pada hanya diam saja) hanya bisa berkomentar saja dan hanya bisa memberi sedikit saran saja.Saran saya terutama di tujukan kepada seluluruh jajaran pengurus PSSI yang sekarang tolonglah kepentingan yang berbau politik  jangan di bawa ke dunia sepak bola,sudah cukup dengan kondisi pemerintah negeri ini yang penuh dengan permainan politik yang hanya menyengsarakan rakyat saja.Harusnya PSSI sekarang jauh lebih bersih dengan hal-hal yang berbau politik,kepentingan kelompok,korupsi dan sebagainya.PSSI sekarang harus bisa mementingkan sepak bola diatas kepentingan yang lain dan harus jauh lebih tegas dan terbuka ke publik.
Dan buksn hsnys PSSI saja namun semua elemen yang berkaitan dengan sepak bola tanah air seperti pemerintah,suporter dan rakyat indonesia harus ikut bertanggung jawab mengawasi dan menjaga sepak bola kita agar semakin maju di kemudian hari.Dan bukan hanya dalam bentuk badan atau organisasi doang yang ikut bertanggung jawab,namun sistem sepak bola kita juga harus di benahi seperti jenjang kompetisi di setiap kelompok umur harus terjaga jangan sampai putus di tengah jalan.Selain itu kondisi lapangan sepak bola kita juga perlu mendpatkan perhatian dari semua elmen yang tadi di jelaskan di atas.
Mudah-mudahan dengan semua itu di perhatikan dan di jalankan dengan bersama-sama dan dengan satu tujuan yang sama yaitu demi memajukan sepak bola indonesia tercinta.Dengan semua kondisi itu dijalankan dengan baik insya allah kondisi sepak bola di masa yang akan datang akan jauh lebih baik dan bisa menyaingi negara-negara di eropa sana....amin.

38 komentar:

  1. Hey You mengatakan...:

    PROMO NEW MEMBER 20%

    Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg sediakan jasa layanan untuk pembukaan akun permainan judi atau taruhan online buat anda di cabang judi online yg bertingkat International, resmi dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Juga Sebagai Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penundukan Isle of Man kepada beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-taruhan-sportbooks-handicap-hdp/
    https://agenzeus.net/langkah-mengkalkulasi-pasaran-atau-odds-permainan-sabung-ayam/
    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-permainan-casino-fantan-di-oriental/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.net

  1. DewaZeus mengatakan...:

    PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

    DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan master agen agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di agen bola.

    Juga Sebagai Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh presiden Isle of Man buat beroperasi juga sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    main judi pakai pulsa

    Ayo daftar sekarang di dewazeus.pw

  1. CemePoker mengatakan...:

    BONUS FREECHIP!

    CemePoker yakni cabang Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan beraneka ragam tidak sedikit game dgn 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan yang merupakan cabang judi poker bersama rating win tertinggi.
    poker online menjamin 100% keamanan separo membernya masih pemain Poker kami dijamin 100% Player VS Player.
    janganlah sembarangan nantikan bonus mengunggut tiap-tiap bulannya dan pemberian referal seumur hidup

    Baca juga :
    artikel poker

    Ayo join sekarang di www.cemesamgong.com

  1. Agen Bola Terpercaya mengatakan...:

    PROMO NEW MEMBER 15%

    Peserta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg sediakan jasa layanan untuk awal akun permainan judi atau taruhan online buat kamu di peserta judi online yg berperingkat International, jadi dan terpercaya hanya di judi bola.

    Yang Merupakan Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man buat beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://agenzeus.com/main-judi-online-deposit-pulsa/

    Daftar sekarang di Zeusbola.biz

  1. BabbyChel mengatakan...:

    Promo Bonus Freechip Ramadhan Situs Online AGEN ZEUSBOLA!

    AGEN ZEUSBOLA MENYEDIAKAN BONUS UNTUK ANDA PARA GAMBLING SEJATI!!!

    CEK SEKARANG JUGA DI ZEUSBOLA UNTUK MENDAPATKAN BONUSNYAAAAA!!!!!!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Link Alternatif : WWW(.)BOLAZEUS(.)COM
    LINE : zeusbola
    Whatsap : 0813-3355-2228
    BBM : BOLAZEUS

  1. Ayu Letisya mengatakan...:

    Ingin Bermian Judi Online Namun Saldo Atm Kosong ?
    Tenang di Zeusbola Kamu Bisa Melakukan Deposit Dengan Pulsa
    Bukan Hanya Dengan Pulsa Saja, Anda Juga Dapat Deposit Menggunakan OVO
    Sangat Membantu Anda Bukan?
    Ayo Segera Daftarkan Diri Anda Dan Jangan Lupa Ajak Teman Anda !!
    Kami Tunggu Kedatangannya yaaa
    Zeusbola Juga Siap Melayani Anda 24 JAM NONSTOP !!

    Hubungi Kami :
    Whats up : 081333552228

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

  1. dewisari mengatakan...:

    bosen kalah kalah aja..?? silahkan coba registrasi di bolavita sabung ayam-pukul mati
    hanya dengan modal 50 ribu sudah bisa jadi jutawan
    buktikan sendiri no Hoax... ^^

    info lbh lanjut:

    WA: +628122222995

  1. Meimei Jevi mengatakan...:

    Bandar Sabung Ayam Online Terpercaya 2019

    Agen Judi Terpercaya Yang Bisa Melakukan Top Up Melalui Via All Bank Lokal Indonesia !!!

    Support Transaksi Bandar Judi Deposit Via OVO, Bandar Judi DEPOSIT VIA PULSA, Bandar Judi Deposit Via Gopay !!

    Zeusbola Selalu Memberikan Fasilitas Mewah & Mantap Untuk Para Penggemar Taruhan Online.

    Hanya Dengan Deposit Pulsa, Gopay & OVO Sudah Bisa Bermain Dan Meraih Keuntungan Yang Besar Jutaan Rupiah Hingga Sepeda Motor !!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Whatsapp Zeusbola

    Link Alternatif ZEUSBOLA : https://zeus303.com/

    Bandar Judi Online Deposit Via OVO


    Bandar Judi Online Deposit Via Pulsa


    Bandar Judi Online Deposit Via Go Pay


    Kujungi Juga :

    https://medium.com/@shellynnita88/

  1. Unknown mengatakan...:

    PokerAyam adalah Sebuah Situs Permainan Poker Online Uang Asli Dimana Anda akan diberikan fasilitas menikmati 7 game dalam 1 akun. Semua permainan yang tersedia menggunakan uang asli yang bisa dilipat menjadi berlipat ganda. Proggressive jackpot hingga ratusan juta rupiah setiap harinya.

    Poker Deposit Pulsa 2019 | IDN Poker Deposit Pulsa | Deposit Via Pulsa | QQ Deposit Pulsa

    Untuk Minimal Deposit :: Rp 10.000,-
    Untuk Minimal Withdraw :: Rp 25.000,-

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan
    Situs Judi Poker Online Pulsa

    Hubungi Kami
    http://165.22.51.220
    Livechat : PokerAyam
    WA : 081222221680
    LINE : POKERAYAM

  1. Anonim mengatakan...:

    Bayar Pakai Dengan Pulsa AXIS XL TELKOMSEL

    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
    Capsa Susun, Bandar Poker,QQ Online, Adu Q, dan Bandar Q

    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain

    Sabung Ayam S1288, CF88, SV388, Sportsbook, Casino Online,
    Togel Online, Bola Tangkas Slots Games, Tembak Ikan, Casino

    Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO GOPAY

    Whatsapp : 0812-222-2996

    POKERVITA

  1. Demo Slot Rupiah mengatakan...:

    CemePoker - Bandar QiuQiu Online Deposit Pulsa
    Dengan Rate Tukar Pulsa Tertinggi
    Bisa Deposit via OVO Juga
    Dapatkan Bonus New Member Langsung
    Pendaftaran : http://cemepoker.info

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552227

    DEPOSIT POKER ONLINE VIA OVO PAY

  1. Debi mengatakan...:

    Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain Donaco Poker...
    Permainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

  1. Doyan Main mengatakan...:

    Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari & Mingguan!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......


    WHATSAPP : +6281333555662

  1. Pokervita mengatakan...:

    Gak bosan kalah di web yang sama? Gak Mau Coba hokinya di web lain? Yuk Dicoba gabung bersama

    Bermain judi dengan pulsa memang tengah populer saat ini di dunia perjudian online. Deposit menggunakan pulsa sangat memudahkan berbagai kalangan yang akan memulai bermain judi.

    http://167.71.214.170/
    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online
    Judi Deposit Pulsa
    Bandar66 Online

    Judi Perang Baccarat Deposit Via Linkaja Indonesia
    Game Perang Baccarat

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

  1. BolaZeus mengatakan...:

    BONUS 10% SETIAP HARI

    Duta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang menyediakan jasa pelayanan terhadap permulaan akun permainan judi atau taruhan online kepada anda di cabang judi online yang berperingkat International, sahih dan terpercaya hanya di poker pulsa.

    Sebagai Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penundukan Isle of Man kepada beroperasi juga sebagai juru taruhan sport sedunia.


    https://bolazeus.site/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://bolazeus.site/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/

    bonus deposit sabung ayam s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    link zeusbola
    zeus77.org

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

  1. Doyan Main mengatakan...:

    Permainan Slot Terbaik Dengan RTP Tertinggi Saat ini...
    Winning303 Menjadi Best Slot Agent Saat ini...
    Menawarkan Ratusan Permainan Slots Terbaiknya...
    -Pragmatic Play
    -Game Play
    -Microgaming
    -Spadegaming
    -De Macao Slot
    -Playtech
    -Top Trend Gaming
    -Habanero
    -Joker Gaming

    Pengalamanan Seru Akan Anda Dapatkan Disini...

    Segera Bergabung Dengan Kami...Dapatkan Bonus Rollingan Setiap Hari....

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

  1. msmcalista mengatakan...:

    MUSEUMAYAM - AGEN SABUNG AYAM S128, SV388, SLOT ONLINE, CASINO ONLINE DAN POKER ONLINE
    Taruhan Sabung ayam terbesar dengan server terbesar S128 dan Club388
    Nikmati taruhan terbaik secara live dan pasang taruhan anda bersama MuseumAyam

    ==> SABUNG AYAM [ S128 - SV388 ]
    ==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
    ==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
    ==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT - JOKER123 ]
    ==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
    ==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]
    ==> BOLA TANGKAS [ TANGKASNET - 88TANGKAS ]
    ==> TEMBAK IKAN [ JOKER123 ]

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO TARUHAN SABUNG AYAM TERBARU !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%
    NB : Peraturan Dan Syarat Bonus Dapat Berubah Sewaktu-Waktu Tanpa Pemberitahuan Terlebih Dahulu. Mohon Selalu Untuk Melihat Halaman Promo Kami.

    Contact Resmi MuseumAyam --> https://linktr.ee/museumgame
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

  1. msmcalista mengatakan...:

    Kalah Bermain Judi Online? Bosan Dengan Permainan Itu-itu Saja? Yuk Coba Beralih Ke Judi Bola dan Pasan Tim Favoritmu
    Permainan yang Cocok Bagi Anda yang Gemar Nonton SepakBola dan Ingin Mendapatkan Keuntungan, Disinlah Tempatnya
    Jangan Khawatir Cukup Deposit 20 Ribu Saja Dengan Minimal Taruhan 10 ribu saja Anda Dapat Memasang Tim Andalan Anda Dengan Odds Terbaik di Indonesia Bersama MuseumAyam Agen Judi Bola Online Terpercaya dan Terbaik.

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Situs Togel Online
    Museumbola Slot Pragmatic
    Sabung Ayam sv388
    Museum Bola

    Contact Resmi MuseumAyam --> https://linktr.ee/museumbola
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

  1. Sisil Chintya mengatakan...:

    ZeusBola - Situs Judi Online Terpercaya
    Tersedia Semua Game Disini
    Menerima Deposit via Pulsa
    Dan Bisa Daftar Dengan Akun E-money
    Pendaftaran : http://zeusbola.pro

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Agen Judi Online Depo Pulsa Tanpa Potongan

  1. Doyan Main mengatakan...:

    Suka bermain slot ?
    Mau bonus 100% dengan syrat TO 7x?
    Wow sekali...

    Tunggu apalagi kawan mari join bersama kami di WINNING303

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop

  1. moris mengatakan...:

    Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hub kami.
    WHATSAPP : +6281333555662

  1. MBO128NET mengatakan...:

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    MBO128 SITUS TOGEL ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA 2021

    YUK CLAIM ANGPAO Rp.50.000,- SEKARANG JUGA
    BURUAN SEBELUM KEHABISAN!
    Periode 12 - 14 Feb 2021

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

  1. BVGaming mengatakan...:

    Kami hadir untuk kalian semua yang ingin bermain game online 1 USER ID bisa bermain di banyak game yang kami sediakan dan juga sangat mudah di akses, dan tidak perlu untuk memindahkan coin jika mau bermain di game lainnya

    WA : 081377055002

  1. SRI WAHYUNI mengatakan...:

    SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    👑 www,MBO128,club 👑
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

  1. SRI WAHYUNI mengatakan...:

    SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    👑 www,MBO128,club 👑
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

  1. coco mengatakan...:

    Lagi mencari promo judi pulsa online tanpa potongan ??

    Terlebih untuk permainan Pokervita?
    Tentu mau dong

    Mari tunggu apalagi kawan join GRATIS
    untuk permainan Pokervita

    Info hub
    WA:0812 2222 996

  1. Club388Slot mengatakan...:

    SITUS CLUB388 SLOT, CASINO & SABUNG AYAM 2021 TERPERCAYA DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!!

    Link Club388 Slot Pulsa Tanpa Potongan ini memiliki promo bonus slot pulsa dengan mudah melakukan topup pulsa sudah bisa dapat bermain berbagai permainan Slot, Sabung ayam, Casino, Poker dan banyak permainan lain nya untuk di mainkan nihh ..

    Bergabung Game Slot Pulsa Terpercaya dengan depo pulsa tanpa potongan maka bergabung yuk sama kita di link yang ada di bagian bawah ya guys
    minimal deposit pulsa 10rb sudah dapat bermain club388 slot pulsa,
    Bisa menggunakan deposit menggunakan e-money seperti : OVO/DANA/Gopay dan LinkAja
    menyediakkan Deposit Pulsa XL, AXIS, TELKOMSEL Tanpa potongan.
    Minimal Dp 10Ribu
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di Club388Cash Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    DAFTAR BONUS CLAIM SLOT/SEXY BACCARAT/SABUNG AYAM
    - Bonus New Member 10%
    - Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    CLAIM LINK CLUB388 SLOT PULSA TANPA POTONGAN

    Minimal DEPOSIT Rp.10.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Link Slot Gacor : Tips Slot Gampang Menang

    Link Sexy Gaming : Tips Sexy Baccarat Mudah Menang

    Link Sabung Ayam : Link Alternatif Sabung Ayam

    Kontak yang aktif dengan pelayanan yang ramah dan cepat respown :
    WhatsApp : 081910053031

  1. rinco mengatakan...:

    Jadwal Sabung Ayam Online Filipina Hari Rabu Tanggal 27 Juni 2021
    Kunjungi Segera Situsnya Hanya Di :
    Jadwal Adu Ayam

    Link Jadwal Silahkan Klik Situs Ini » Jadwal Ayam Terupdate

  1. Dewi mengatakan...:

    [img]https://i.imgur.com/IpQzN58.jpg[/img]

    Modal 50 rb jadi jutawan tunngu apala lagi
    silahan regis dan buktikan sendri ^^
    sudah banyak member2 yg merasakan nya
    New member 10%
    sialhkan hub : WA :+62 812-2222-995

  1. cokaltstoww mengatakan...:

    ZEUSBOLA adalah Situs Judi Online Terlengkap dan Memiliki Ribuan Permainan
    Slot Online dan Games Online Lain nya, Hanya dengan Menggunakan 1 User ID, Anda bisa Bermain Ribuan Permainan yang Tersediah, Dengan Bonus Promosi Terbesar dan Event Hadiah Terbesar.

    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA DENGAN PERMAIANAN LENGKAP :
    ▶️TOGEL
    ▶️LIVE GAME
    ▶️LIVE CASINO
    ▶️TEMBAK IKAN
    ▶️DINGDONG
    ▶️SPORTBOOKS
    ▶️SABUNG AYAM
    ▶️BOLA TANGKAS
    ▶️TEMBAK IKAN
    ▶️SLOT PROVIDER TERBAIK

    �� TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA ,PULSA (TSEL,XL,AXIS) TAMPA POTONGAN!

    dengan minimal deposit 25 rb
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
    ☎️ Link Whatsapp : zeusbo.la/whatsapp

    Daftarkan diri Anda zeusbola19.com/registerv

  1. Hai, buat kamu yang sedang mencari prediksi togel pasti jitu

    Silahkan kunjungi website kami di Prediksi Togel Akurat SGP Tanggal 29 Juli 2021
    Terima kasih!

    Silahkan kunjungi website kami di Prediksi Togel Akurat HK Tanggal 29 Juli 2021 Terima kasih!

  1. jphunter mengatakan...:

    Slot Online Ovo merupakan slot online yang bisa melakukan pendaftaran menggunakan slot ovo dapat di claim bonus slot deposit ovo claim bonus slot online terbesar seindonesia

    Permainan yang sangat di minati saat ini
    *GAME ON'FIRE: ION CASINO | ION SLOT | 9GAMING | BALAP PLAY | PRAGMATIC PLAY | SLOT88 | LIVE22 | GIOCO PLUS

    Memiliki permainan slot online ovo terlengkap
    Daftar slot ovo dengan 1 user id sudah bisa bermain ke semua permainan Slot Online. Dapatkan Bonus Terbesar Menarik Lainnya..

    Pendaftaran Slot Online Ovo Aman dan Terpercaya
    Slot ovo
    Slot online ovo

    Kontak yang aktif saat ini
    Whatsapp :
    +6281321524689

  1. Unknown mengatakan...:

    MAU DAPAT BIG HADIAH DARI ZEUSBOLA?
    GAMPANG!

    HANYA DENGAN DAFTAR & MAINKAN LIVE CASINO MANIA DENGAN HADIAH TOTAL 480 JT BOSQUUU

    TERSEDIA DEPOSIT PULSA DAN DEPOSIT REKENING
    DAN ADA NONUS CASHBACK LAINNYA LOHHHHH……

    INFO LEBIH LANJUT SEGERA HUBUNGI KAMI DI

    WHATSAPP : +62 822-7710-4607(ZEUSBOLA)

    #FASTREPON #CSONLINE24JAM #SITUJUDIONLINETERBAIK #NEWMEMBER #IDNLIVE #SPORTS #ZEUSTOTO


  1. Mr Sam .. mengatakan...:

    Result Togel terbaru hari ini

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : winning-303,com (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

  1. sifabella mengatakan...:

    Daftar Bonus Terbesar Situs WINNING303

    Rekomendasi Best Slot Gacor PRAGMATIC Terbaru :
    • Wild West Gold
    • Aztec Gems
    • Gates of Olympus
    • Bonanza Gold

    Daftaran Sekarang juga bisa langsung Klik link berikut :
    Klik Review ==>Slot Hockey League Wild Match Demo Slot Gratis

    * Promo Pulsa Tanpa Potongan
    * Bonus New Member Slot 100%| Bonus Slot 50%| Bonus Slot 50% Joker|
    * Bonus Cash Back 5% - 10%
    * Bonus Mingguan 1%
    * Ayam Sv388 WinStrike 7x Beruntun (BONUS 100%)

    KONTAK :
    WhastApp: 087785425244

    Bonus Slot Gacor : NEW MEMBER 2021 BONUS 100% SLOT
    Bonus Deposit E-Wallet : Bonus 10.000 (Minimal Deposit 100.000)
    #AGENWINNING303 #WINNING303 #SLOTGACOR

    ==>Winning303 Slot Gacor
    ==>Winning303 Sabung Ayam Win Streak 100%

  1. Mr Sam .. mengatakan...:

    Resul Togel hari ini

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi...

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : winning-303,com (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

  1. Indyyy mengatakan...:

    PROMO PULSA TANPA POTONGAN
    ZEUSBOLA SOLUSINYA....
    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA.
    TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA
    AJAK TEMANMU DAN DAPATKAN BONUS REFFERALNYA..
    MELAYANI 24JAM LOH..
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

Posting Komentar